Rector Notes

IPK-nya Nyaris Sempurna

Rector Notes No. 286

Hari ini saya menghadiri undangan Yudisium Fakultas Teknologi Lingkungan dan Mineral (FTLM). Ini menjadi yudisium pertama bagi fakultas baru hasil pemekaran Fakultas Teknik. Dekan FTLM Dedy Dharmawansyah @dedy.wansyah menginfokan bahwa total ada 44 mahasiswa yang lulus pada semester ini dari dua prodi : Teknik Sipil dan Teknik Metalurgi.

Saat Wadek FTLM Bu Rita membacakan
SK Yudisium, saya terperangah ketika mendengar bahwa seorang mahasiswi Prodi Metalurgi, Kiki Firanita memiliki IPK 3.96. Artinya, hanya kurang nol koma nol empat untuk mencapai paripurna 4.0. Semua nilai mata kuliahnya A, kecuali dua MK yang bernilai B+.

Teknik Metalurgi UTS memang terkenal memiliki dosen yang keren-keren. Ada rektor ketiga UTS Dr. Andy Tirta, peraih Top 15 SINTA Dr. Hilmy Alfaruqi, doktor jebolan Yeungnam University Dr. Putu Widiantara, Lalu Suhaimi, Syamsul Hidayat, Syamsul Bahtiar, Fauzi Widyawati, Rita dll.

Kiki dibimbing oleh duo Syamsul, dwi tunggal Kaprodi dan Sekprodi Teknik Metalurgi. Ia meneliti sintesis nanopartikel perak (AgNPs) sebagai material fotokatalis degradasi metilen biru, limbah zat warna yang banyak digunakan pada industri tekstil.

Penelitiannya mengangkat konsep ramah lingkungan dan sumber daya alam dengan memanfaatkan ekstrak daun kirinyuh (sentalo) sebagai agen pereduksi yang kemudian disinari matahari selama proses sintesis sehingga menghasilkan terbentuknya nanopartikel perak.

 

Dalam perjalanannya sebagai mahasiswa, Kiki pernah mendapatkan penghargaan sebagai salah satu Mapres @universitasteknologisumbawa dan aktif pada organisasi kemahasiswaan dan beberapa project penelitian bersama dosen dosen Teknik Metalurgi. Mahasiswi asal Desa Punka ini pernah juga mendapatkan hibah Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI).

Selamat ya Kiki @kikii.firanita dan para lulusan kami dari FTLM. Kepakkan terus sayapmu setinggi langit. Menghujam bumi, menjelajah dunia. Lahirkan karya gemilang untuk masa depan dunia.

#utsmembumidanmendunia