NEWS

Ilham Yang Mengilhami

Rector Notes No. 283

Sebelum magrib, saya diskusi dengan Ilham, @ilham_ananda69, mahasiswa Teknik Mesin @universitasteknologisumbawa angkatan 2017. Ia saya ajak diskusi karena terpilih untuk berbincang secara virtual dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada puncak acara Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas 2021) 10 Agustus mendatang.

Sejak proyek sepeda motor listrik NgebUTS dimulai pada Maret 2020, Ilham bersama dosen dan beberapa mahasiswa UTS selalu terlibat dalam pengembangannya. Terlebih UTS telah menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Kemendikbud, dimana memberikan kesempatan yang luas bagi para mahasiswa untuk bisa belajar diluar kampus, membuat Ilham belajar banyak dari dunia industri. Ilham bercerita bahwa ia baru saja menyelesaikan sidang skripsinya, dengan topik sepeda motor listrik.

Ilham mengungkapkan bahwa ia senang bisa terlibat dalam project ini. Mata kuliah yang diajarkan di kampus seperti MK Menggambar Teknik dan MK Teknik Pengelasan sangat bermanfaat dan relevan ketia ia bersama Pak Wawan dan tim membuat sepeda motor listrik.

Ilham adalah mahasiswa asal Sumbawa. Letak rumahnya tidak jauh dari
kampus. Tepatnya di Boak Dalam, Sumbawa. Di Boak Dalam itu pula workshop
sepeda motor listrik NgebUTS berada. Kita tunggu perbincangan Ilham
dengan Mas Menteri. Dalam video profile UTS, Ilham mengajak…

….Ta ta ta.. sai sate nyaman ate, laga datang ko Samawa, senap semu nyaman nyawe…

Sukses buat Ilham! Special thanks untuk Dr. Achmad Adhitya @aadhitya13 atas kesempatannya.