Rector Notes

UTS goes to Bima

Rector Notes No. 273 

Sebagai balasan kunjungan dari Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr. Ibnu Khaldun dan Ketua STIE Bima Pak Firdaus, MM yang sebelumnya telah berkunjung ke UTS, pada Sabtu lalu kami berkunjung ke kedua kampus terbaik di kota/kabupaten Bima tersebut. Kami melakukan penandatanganan MoU yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Melalui kerjasama ini dan dengan semangat kampus merdeka yang digagas oleh Kemendikbud, akan memungkinkan para mahasiswa dari masing masing PT untuk bisa belajar diluar kampusnya. 

Mahasiswa UTS bisa belajar dari STKIP Tamsis dan STIE Bima. Demikian juga sebaliknya. Selain itu, dilakukan juga sosialisasi dan pengenalan kampus kepada para Kepala Sekolah dan para siswa yang hadir di Auditorium STKIP Tamsis.

Pada sore-malam harinya kami menghadiri acara Gebyar Wirausaha di STIE Bima yang menampilkan produk produk hasil KKN mahasiswa, sekaligus peresmian gedung inkubator bisnisnya. Puncak acaranya dilakukan pagelaran seni-budaya dimana Dewan Kebudayaan UTS ikut serta menampilkan sakeco kolaboratif, puisi dan lagu daerah Bima. Kegiatan kunjungan ke Bima ini adalah bagian dari Olat Maras Moving Festival yang ke 3.

Pada malam harinya, kami berkesempatan berkunjung ke Pendopo Walikota Bima Bpk H. Muhammad Lutfi, SE, mendiskusikan kerjasama yang dapat dilakukan antara Pemerintah Kota Bima dengan UTS. Di UTS, lebih dari 100 mahasiswa berasal dari Kabupaten Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu. Demikian juga banyak dosen kami yang berasal dari daerah-daerah tersebut. Sinergi antara government dan academician menjadi hal yang sangat penting dalam mendorong kemajuan daerah.

Dalam waktu dekat akan disusun nota kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak. Potensi daerah Bima seperti bawang dan garam perlu terus dikembangkan dengan sentuhan teknologi. Pak Wali juga menyampaikan bahwa Kota Bima sedang membangun Smart City, dimana data data yang terkait dengan kebutuhan warga menjadi terintegrasi. Harapannya, segala keputusan dan kebijakan dilakukan berdasarkan data yang valid.

Terima kasih STKIP Tamsis, STIE Bima dan Pak Wali atas waktu dan sambutannya yang hangat!

#utsmembumidanmendunia