NEWS

Kebaikan itu Menular

Rector Notes No. 271  

Suatu hari saat musim dingin, tepatnya satu bulan sebelum pulang back-for-good ke Indonesia, saya “dijenguk” oleh Prof. Dedi Priadi, dekan FTUI dan dosen dosen Metalurgi UI. Semua orang yang pernah sekolah di LN pasti merasakan hal yang sama. Betapa senangnya dikunjungi oleh dosen dosen kita selama kuliah sarjana. Hadir bersama rombongan adalah Prof. Akhmad Herman Yuwono, yang saat itu menjabat sebagai Manager Riset dan Pengabdian Masyarakat FTUI.

Setibanya di Depok, saya diminta oleh Pak Dekan untuk menjadi staf khusus Prof. Herman yang bertugas untuk memberikan pendampingan dan peningkatan publikasi ilmiah, khususnya bagi para mahasiswa pascasarjana (S2/S3). Berkantorlah saya di Dekanat, satu ruangan dengan Prof. Herman. Di mata saya beliau orang yang sangat baik, shaleh, cerdas, bijak dan ngemong terhadap adiknya yang belum banyak pengalaman ini. Kakak panutan banget. Banyak pelajaran hidup yang saya dapatkan dari beliau.

Kemarin Wakil Rektor 3 mengadakan acara Coaching Clinic penulisan ilmiah. Ini sejalan dengan rencana strategis UTS untuk meningkatkan kualitas penelitian pada tahun ini. Saya serasa dejavu dengan kegiatan yang sama 5 tahun lalu. Ketika bersama sama para mahasiswa doktor dan magister secara rutin membedah paper disertai tips dan trick praktikalnya agar sukses. Yang paling senang ketika menerima kabar jika paper mereka diterima pada sebuah jurnal.

Masih teringat dengan jelas dalam ingatan berdiskusi dengan Pak Yoyok, Pak Aris, Pak Adi, Pak Didit, Pak Rudi, Pak Ardian dkk yang kini sudah bergelar doktor. Saya akui menulis artikel ilmiah ini memang menjadi momok menakutkan bagi mahasiswa pascasarjana. Saya sendiri pernah merasakannya. Namun ketika kita sudah tahu “ilmunya”, menulis bisa dapat dengan mudah dilakukan. Seperti Dr. Hilmy, dosen kami yang luar biasa.

Pada puluhan dosen-dosen FT UTS kemarin saya berpesan agar ilmu hasil pertapaan di negeri ginseng yang sedikit ini diturunkan kepada para mahasiswa bimbingannya masing masing. Karena kebaikan (ilmu) itu akan menular. Seperti air yang mengalir dari hulu ke hilir.

Semangat selalu para dosen FT UTS!

#utsmembumidanmendunia