NEWS

Kekuasaan yang Menolong

Rector Notes No. 262 

Kekuasaan diartikan sebagai kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan. Seorang rektor misalnya memiliki kekuasaan dalam mengelola sumber daya di kampus. Presiden, Gubernur, Bupati hingga Ketua RT memiliki kewenangan tersendiri ditangannya.


Jika tidak dipahami dengan benar, kekuasaan dapat membuat orang yang memegangnya menjadi sombong, takabur atau bisa saja berbuat sewenang-wenang. Akhirnya, hanya kesia-siaan yang didapatkan.

Seberapa besar sih kekuasaan para pemimpin yang dimiliki di dunia ini jika dibandingkan dengan kekuasaannya Nabi Sulaiman sehingga kita menjadi sombong dengannya? Nabi Sulaiman yang menggantikan ayahnya Nabi Daud sebagai raja memiliki singgasana yang megah dan pasukan yang sangat kuat yang berasal dari golongan manusia, jin dan burung.

Ketika ia bersama pasukan berkudanya akan melewati segerombolan semut yang sedang melintas, ia menghentikan pasukannya dan mempersilakan semut-semut tersebut untuk melintas. Ia begitu cinta terhadap semua rakyatnya.

Bagi kita kebanyakan, apalah arti seekor semut. Mereka golongan hewan yang sangat lemah yang dengan mudah bisa dilewati atau mungkin bisa terinjak secara sengaja maupun tidak disengaja. Setelah menghentikan pasukannya, Nabi Sulaiman berdoa : “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”. (An-Naml : 19).

Kekuasaan bukan sarana untuk pamer atau mendapatkan harta dengan cara yang tidak benar. Amanah besar yang diemban harus digunakan sebesar besarnya untuk mengajak/menyeru agar orang orang dibawah kekuasaannya senantiasa mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, sehingga meningkatkan keimanan dan ketaqwaanya kepada Allah SWT. Kekuasaan adalah kesempatan untuk melayani.

#utsmembumidanmendunia