Rector Notes

keberhasilan mantan Bupati Sumbawa Bapak Jakub Koswara

Rector Notes No. 52 

Dalam beberapa perbincangan dengan masyarakat dan kolega di Sumbawa, saya sering sekali mendengar cerita mengenai keberhasilan mantan Bupati Sumbawa yang bernama Bapak Jakub Koswara dalam memajukan salah satu Kabupaten di Provinsi NTB ini. Saya lantas mencoba mencari biografinya di internet. Memang tidak ada konten khusus yang

membahas profile beliau, hanya beberapa berita saja yang terkait dengan seremonial peresmian project.

Dari cerita yang saya dengar, Bupati Jakub adalah tipe pemimpin yang dekat dengan masyarakat. Meski ia bukan orang Sumbawa, -kabarnya berasal dari Sukabumi Jawa Barat, ia acapkali turun ke pasar untuk melihat dan mendengar keluh kesah warganya. Bahkan beberapa warga yang ditemui seringkali tidak mengetahui bahwa yang sedang mereka ajak bicara adalah bupati-nya. Hampir tidak ada sekat, tidak ada jarak. Selama 2 periode (1989 – 1999) beliau dipercaya memimpin Tau Tana Samawa.

Ketika beliau berkunjung ke sebuah daerah, dan menjanjikan sesuatu, misalnya untuk membangun sekolah atau jalan, janjinya tersebut selalu ia tepati. Adipura, penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup beberapa kali diraih oleh Sumbawa.

Inilah keteladanan seorang pemimpin. Ketika berjanji, ia tepati. Dan ia begitu dekat dengan masyarakat. Membuatnya selalu dikenang dan dicintai oleh masyarakat Sumbawa. Semoga Allah memberikan kasih sayang-NYA kepada Bapak Jakub Koswara.

Foto : Bendungan Batu bulan, pembangunan fisiknya dikerjakan saat Bupati Jakub berkuasa (mulai tahun 1997) dengan membebaskan lahan lebih dari 1000 Ha.