Rector Notes

Touring Plus Test Drive Sepeda Motor listrik NgebUTS

Rector Notes No. 44 

Hari ini saya membersamai team NgebUTS touring plus test drive sepeda motor listrik yang baru dirilis kemarin. Rutenya adalah Sumbawa – Empang.

Alhamdulillah, sepeda motor NgebUTS bisa mencapai 31 km. Motor ini menggendong baterai lithium ion berkapasitas 768 Wh dengan kapasitas motor sebesar 1500 W. Sebenarnya secara teoritis jelajahnya bisa lebih jauh dari nilai ini. Namun tadi ada kendala teknis yaitu ban depan menyentuh body sehingga motor agak berat dan ini diketahui setelah baterai habis. Selain itu, tadi baterainya juga ternyata tidak full, yang harusnya 5 bar, namun menurut driver di awal hanya 4 bar.

Nah, mari kita hitung biaya “BBM” nya. Jika harga listrik per kWh adalah sebesar Rp 1467, maka biaya untuk mengisi ulang baterai tersebut adalah sebesar 0.768 kWh x Rp 1467/kWh = Rp 1126 atau jika bulatkan dengan rugi rugi charger menjadi Rp 1500 saja untuk daya jelajah 31 km. This is not bad result, anyway.

Coba bandingkan dengan motor konvensional yang menggunakan BBM. Data yang disampaikan oleh berbagai instansi memperlihatkan biaya bahan bakar motor listrik memang sepertiga hingga seperempat-nya. .
Setelah baterai habis, motor listrik kami bawa kembali ke bengkel menggunakan service car. Sementara saya, Pak Jaya, Pak Ikhsan, Pak Rodi, dan Pak Anton melanjutkan perjalanan menikmati alam Sumbawa.

Sepanjang jalan yang terlihat adalah sawah yang hijau, perbukitan, sapi, kerbau dan kambing. Maa syaa Allah, indah sekali.

Saya bawa Lendy yang berusia 42 tahun, yang baru saja keluar setelah diopame untuk operasi plastik.
Tujuannya adalah ke Labangka. Saya ingin melihat katanya ada proyek PLTS 1 MW yang mangkrak. Rencananya kami mau bantu revitalisasi. .
Sampai sana, aidaaaa.. tak kuat saya menceritakan disini. Entah kemana itu PV Panelnya. Hanya beberapa bangkai PV saja yang saya temukan. Kalau begini, apa yang mau saya bantu revitalisasi? Ini sih mesti re-konstruksi PLTS baru. Padahal sudah ada pihak swasta yang tertarik untuk mengembangkannya.