Rector Notes

Akreditasi : Jalan untuk Peningkatan Mutu

Rector Notes No. 232

Setelah satu tahun pertama kita fokus pada peletakan fondasi tata kelola yang baik (good governance), maka pada tahun kedua ini kita akan fokus pada 

peningkatan kualitas dan peningkatan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat. Peningkatan kualitas ini bisa dipotret melalui jalan akreditasi program studi karena didalamnya merangkum evaluasi seluruh aspek tridarma perguruan tinggi.

Mulai pertengahan tahun lalu, seluruh program studi telah menyelesaikan borang borang dokumen akreditasi. Dikarenakan pandemi, assesmen lapangan dari BAN PT baru dilakukan awal tahun ini. Hingga saat ini, 4 program studi telah dilakukan visitasi secara virtual oleh para asesor yaitu Prodi Ekonomi Pembangunan, Teknik Elektro, Teknik Industri dan Teknobiologi. Alhamdulillah, hasil akreditasi untuk Prodi EP dan Teknik Elektro telah keluar dan mendapatkan akreditasi Peringkat Baik.

Memang dengan sistem akreditasi saat ini sangat sulit mendapatkan akreditasi peringkat Baik Sekali dan Unggul jika SDM dosennya tidak memiliki kualifikasi akademik doktor (S3), secemerlang apapun bidang tridarma baik pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Oleh karena itu, sejak awal saya menjabat rektor, program doktorisasi dosen menjadi program prioritas. Alhamdulillah selama 1 tahun ini ada 8 doktor baru yang bergabung dan 13 calon doktor yang sedang kita support untuk studi. Kita juga sedang menunggu beberapa dosen UTS yang akan menyelesaikan studi doktoralnya di luar negeri.

Terima kasih kami ucapkan kepada para Dekan, Kaprodi, Dosen, Mahasiswa dan seluruh tim akreditasi yang telah bekerja keras mempersiapkan dokumen dokumen akreditasi. Terima kasih juga kami sampaikan kepada BAN PT atad masukan masukan dari para asesor untuk perbaikan kampus ini kedepan.

#utsmembumidanmendunia