Rector Notes

Wirausaha Muda Alumni UTS

Rector Notes No. 230

Siang itu setelah shalat Dzuhur di Masjid Batu Alang, saya bertemu dengan Syauqi. Ia adalah alumni dari Fakultas Teknologi Pertanian yang saat ini fokus mengembangkan bakatnya dalam berwirausaha. Syauqi berasal dari Bekasi, Jawa Barat. Saya masih ingat ketika wisuda semester ganjil tahun lalu, Syauqi 

maju ke podium untuk menerima penghargaan sebagai mahasiswa berpredikat cumlaude dengan IPK tertinggi, 3.8an. Ia kuliah di @universitasteknologisumbawa melalui beasiswa Nusantara.

Pasca kelulusannya, Syauqi turut serta “menghidupkan kembali” PT OMT, badan usaha milik kampus, yang saat itu kurang berkembang. Dengan alasan ingin mengembangkan usaha yang telah dirintisnya, Syauqi izin untuk keluar dari OMT. Saya sangat mendukung siapa saja yang ingin berkembang. Nah ternyata harapan saya terkabul.

Saat ini Syauqi sedang fokus mengembangkan usahanya di bidang food beverage, Kebab. Saya kemarin mencobanya, rasanya tak kalah dengan kebab kebab francise premium. Namun harganya benar benar harga mahasiswa, ada yang 5 ribu-an dan 10 ribuan yang paling mahal. Lokasi kedainya ada di depan jalan akses UTS, di samping Alfamart.

Sekarang Syauqi sedang mempersiapkan untuk membuka cabang lainnya di kota. Menurutnya omset penjualan Kebab sudah lumayan, meski di tengah pandemi. Saya menawarkan agar ia bergabung sebagai tenan Ikubator Bisnis kampus, UTS Launchpad, yang dibina oleh Dr. Ikono. Saya yakin usahanya bisa sangat berkembang.

Kami terus mendukung para alumni dan mahasiswa untuk menjadi wirausahawan/wati muda. Karena dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat lebih besar dan terasa manfaatnya.

Memulai usaha baru memang bukan perkara mudah. Jatuh dan bangun adalah hal biasa dalam berusaha. Hadirkan terus inovasi dalam setiap tahapan usaha.
Sukses selalu Syauqi!

#utsmembumidanmendunia