News

MoU dengan 2 SMK

Hari ini Kamis, 25/02/2021 UTS melakukan penandatanganan MoU dengan 2 sekolah kejuruan yang ada di Kabupaten Sumbawa, yaitu SMKN 3 Sumbawa dan SMKN 1 Alas. Penandatanganan kerjasama dilakukan langsung oleh Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph. D dengan Kepala Sekolah SMKN 3 Sumbawa Nasrullah Darwis, S. Pd., M. Pd dan Kepala Sekolah SMKN 1 Alas Basrun Sahman, ST., M. Pd bertempat di Gedung Rektorat UTS.

MoU tersebut terkait Tri Darma Perguruan Tinggi, pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Chairul Hudaya, Ph. D dalam sambutannya menjabarkan tentang progres beberapa kerjasama yang sudah berjalan, serta apa saja yang kiranya dapat di kolaborasikan.

“Selain untuk para siswa/siswi manfaat dari kerjasama ini pun bisa dirasakan oleh bapak/ibu guru sekalian, karena kami pun menawarkan beasiswa bagi para guru yang sekiranya ingin mengambil studi S2 di UTS. UTS juga memiliki beberapa UPT yang bisa dimanfaatkan oleh sekolah, contohnya School of Public Speaking (SPS), Psikologi Terapan, Pusat Bahasa dan lainnya. Para Dosen 

kami pun bisa memberikan pendampingan, mungkin jika siswa/siswi mengikuti kompetensi atau semacamnya dan sekolah bisa memilih UTS sebagai tempat magang bagi siswanya sesuai kejuruan yang cocok, kami punya NgebUTS dan cold storage yang bisa pelajari oleh siswa/siswi. Masih banyak lagi.” Tutur Rektor UTS.

Sebagai sekolah kejuruan dengan koor Kemaritiman, Kepsek SMKN 1 Alas Basrun Sahman, ST., M. Pd menyampaikan, bahwa sedikit banyak sekolahnya memiliki kesamaaan dengan UTS pada program merdeka. Sebagai contoh pada program SMK Membangun Desa yang meliputi ketahanan pangan, pembibitan, perikanan dan semacamnya. Sehingga pihaknya siap bersinergi dengan universitas. Ia juga menyampaikan harapannya agar siswa/siswi SMKN 1 Alas bisa belajar terkait perakitan NgebUTS kedepannya.

Setali tiga uang dengan Kepsek SMKN 1 Alas, Nasrullah Darwis, S. Pd., M. Pd pun menyampaikan hal serupa, terkait siapnya SMKN 3 Sumbawa bersinergi dengan UTS, serta keduanya berterima kasih atas kesempatan kerjasama yang telah terjalin, kedepan sekolah mereka akan lebih aktif lagi untuk memaksimalkan kerjasama dengan UTS.