Rector Notes

Pusat Studi Industrialisasi Garam (PSIG)

Rector Notes No. 227

Inovasi dan industrialisasi itu memang tidak mudah. Jalannya kadang menanjak, penuh tikungan dan berliku. Begitu yang sering disampaikan oleh Pak Gub Dr. Zulkieflimansyah. Paling tidak saya bisa merasakannya ketika menggawangi industrialisasi sepeda motor listrik NgebUTS dan solar-powered cold storage karya para sivitas academica @universitasteknologisumbawa.

Namun, jalan tersebut akan menjadi lebih mudah dilalui manakala semua  

pihak bisa bersinergi. Sedari awal kami menyadari, perguruan tinggi bukanlah institusi yang semua serba bisa. Para dosen yang menjadi punggawa tentu punya keterbatasan waktu dan sumber daya. Itulah mengapa kami bersinergi, membagi peranan masing masing, bersama industri kecil menengah lokal di Sumbawa. Direktur NgebUTS kami, Pak Ahmad Jaya sangat paham akan hal ini.

Alhamdulillah, dampak dan manfaat dari industrialisasi ini mulai terasa. Misalnya, banyak mahasiswa kami dan siswa SMK di Sumbawa yang telah mengikuti program magang di Workshop NgebUTS ini. Penelitian bidang terkait juga difokuskan kesana. Berbagai kerjasama dengan sekolah juga terus dilakukan. Bahkan ada sebuah sekolah kejuruan yang menawarkan diri untuk dapat membuat mur-nya saja, sebagai komponen kecil dari sepeda motor listrik. Permintaan ini kami sambut baik agar memberikan dampak terhadap proses pembelajaran di sekolah.

Salah satu potensi besar untuk dikembangkan di Sumbawa adalah industri garam. Sumbawa memiliki pantai yang luas. Namun petani garam selama ini terkendala dengan berbagai macam masalah, yang semuanya bermuara pada harga beli yang cenderung berfluktuasi. Harga ini sangat erat korelasinya dengan kualitas dari bahan baku garam yang dihasilkan. Dan kualitas ini sangat tergantung dengan inovasi teknologi.

Untuk membantu menguraikan permasalahan ini, UTS dalam waktu dekat akan membentuk PSIG. Bersama pemerintah daerah Sumbawa, khususnya Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Kelautan dan Perikanan, akan secara serius membantu petani mengembangkan potensi ini. Terlebih, Pemda sudah memiliki Pabrik Pengolahan Garam yang dalam waktu dekat akan beroperasi.

#utsmembumidanmendunia