Rector Notes

Global Village UTS

Rector Notes No. 225

Inspirasi bisa datang dari mana saja. Nah kali ini saya terinspirasi oleh Kampung Inggris Pare, Kediri. Jujur saya belum pernah kesana. Namun sering mendengar banyak dari para sahabat mengenai apa yang dilakukan disana. 

Kampung Inggris telah menjadi tujuan banyak kaula muda untuk memperdalam kemampuan berbahasa Inggris. Ada yang dimaksudkan untuk mencari beasiswa di dalam dan luar negeri atau sebagai syarat untuk bekerja.

Kawasan Olat Maras memang begitu indah. Vegetasi yang hijau ditambah hamparan sawah yang luas membuat lokasi ini menjadi tempat yang nyaman untuk belajar. Maka lahirlah konsep Global Village ini. Dengan dukungan penuh Yayasan, saat ini kami sedang membangun fasilitas pembelajaran dan pondokan untuk para pembelajar. Belajar akan menjadi semakin fokus karena tempat ini cukup jauh dari hingar-bingar perkotaan. Jika jenuh, tinggal jalan jalan disepanjang pematang sawah.

Mulai tahun lalu, UTS telah memiliki 21 mahasiswa asing dari 21 negara berbeda. Sayangnya dikarenakan pandemi, mereka belum dapat masuk ke Indonesia untuk mendapatkan visa belajar. Baru ada dua orang saja, mahasiswa asal Argentina dan Iran. Jika pandemi telah berakhir dan para mahasiswa asing tersebut telah berada di Batu Alang, Global Village ini akan menjadi hub yang tepat untuk bertukar pengetahuan bahasa dan budaya. Bukan hanya bahasa Inggris, namun bisa dipelajari juga bahasa lainnya, seperti bahasa China, Jerman, Spanyol, Portugis dsb.

Kami beruntung mendapatkan partner yang tepat dalam pengelolaan Global Village, yaitu Tim Mentari Edukasi milik Pak Imam Wahyudin dan Bu Putri. Beliau berdua telah memiliki banyak pengalaman dalam memfasilitasi pemuda/i kita melanjutkan kuliah ke berbagai negara di Eropa seperti Belanda, Jerman dan Swiss dengan beasiswa. Juga membantu memfasilitasi kesempatan bekerja di Eropa.

Nah, bagi sahabat yang ingin mengetahui kesempatan beasiswa ke luar negeri sambil meningkatkan kemampuan bahasa asing, silakan bisa merujuk pada IG Global Village diĀ @globalvillage.id. Banyak program program yang ditawarkan yang sangat menarik untuk dicoba. Silamo.

#utsmembumidanmendunia