Rector Notes

Kampus Merdeka

Universitas Teknologi Sumbawa terletak di kawasan Dusun Batu Alang, Desa Leseng Kecamatan Moyo Hulu. UTS sering juga di sebut Kampus Olat Maras dan Kampus Elang Muda, Olat Maras merupakan gunung yang menjadi ikon kampus, yang memiliki arti Bukit Kebahagiaan.

Saat ini UTS dipimpin oleh Chairul Hudaya, Ph.D @chairul_hudaya yang merupakan salah satu Dosen Terbaik Universitas Indonesia. Menyelesaikan S1 Jurusan Teknik Elektro, UI pada Juli 2006. Ia menerima beasiswa yang dibiayai oleh Pemerintah Korea di bawah Program Beasiswa Pascasarjana untuk Mahasiswa Asing (GSFS) yang unggul di Departemen Teknik Sistem Energi, Seoul National University, Korea.

Dia memfokuskan minat penelitian pada Analisis Keselamatan Nuklir dan menyelesaikan program pada Februari 2009. Pada Agustus 2009, dia memulai karirnya sebagai dosen di Departemen Teknik Elektro. Ia menerima Penghargaan Dosen Terfavorit dari Asosiasi Mahasiswa (IME) pada 2010. Pada Maret 2011, ia bergabung dengan gelar doktoral di Departemen Energi dan Teknik Lingkungan, kampus Universitas Sains dan Teknologi (UST) kampus Korea Institute of Science and Technology (KIST).

Dia mencurahkan penelitiannya pada bahan-bahan yang berhubungan dengan energi termasuk tetapi tidak terbatas pada bahan anoda dan katoda untuk baterai lithium-ion, jendela pintar dan pemanas transparan. Karena penelitiannya yang produktif, ia dihormati banyak penghargaan termasuk penghargaan dari Walikota Kota Daejeon, Korea, Presiden KIST dan Presiden UST. Saat pertama kali menginjakkan kaki di UTS Ia membentuk Tim NgebUTS yang memprakarsai terciptanya Motor Listrik Ngebuts.