Rector Notes

UTS Launchpad : Lembaga Inkubasi Bisnis UTS

Rector Notes No. 212

Alhamdulillah tahun 2020 lalu, dua proposal yang diajukan oleh para mahasiswa yang dibimbing oleh para dosen @universitasteknologisumbawa berhasil didanai oleh Dikti melalui program Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia.

Pertama adalah KuMilk Samawa @kumilk.sumbawa yang digagas oleh Dian, Almira dan Miftah yang dibimbing oleh Dr. Hilmy Alfaruqi dan kedua adalah Ceritanya Kopi @ceritanyakopi.ck besutan Ahmad dkk yang didampingi oleh mas Sherwin Ary Busman, dosen Prodi Manajemen.

Kampus ini akan terus mendorong lahirnya berbagai perusahaan pemula atau startup company yang berbasis pengembangan potensi lokal dengan memanfaatkan teknologi. KuMilk dengan susu kuda liar yang menjadi ciri khas Sumbawa, sedangkan Ceritanya Kopi dengan kopi yang berasal dari daerah Tepal.

Untuk mewujudkan lahirnya berbagai startup baru, kami membuat lembaga yang khusus mempersiapkan inkubasi bisnis dari para mahasiswa, dosen dan alumni yang diberi nama, UTS Launchpad.

Sesuai dengan namanya yang dalam bahasa Indonesia berarti landasan peluncuran, UTS Launchpad akan menjadi rumah bagi startup baru untuk meluncur terbang tinggi ke angkasa, namun tidak melupakan tempat asal mereka meluncur.

Dr. Radyum Ikono @radyumikono, mantan Dekan FT bertindak sebagai direkturnya. Pengalamannya dalam dunia startup company sudah sangat matang. Oleh karena itu, saya sangat yakin dibawah arahannya UTS Launchpad dapat berkembang sesuai dengan fungsinya.