Rector Notes

Sumbawa : di atas Emas di bawah Emas

Rector Notes No. 210

Barangkali ungkapan sesuai judul diatas tidak berlebihan. Karena memang Pulau Sumbawa memiliki potensi yang luar biasa besar, baik di atas permukaan tanah maupun di bawahnya. Di atas permukaan tanah, emas yang dimaksud adalah potensi pertanian, peternakan dan perikanan yang melimpah. Komoditas padi dan jagung menjadi primadona. Sapi, kerbau, kuda dan unggas adalah sektor andalan. Demikian pula potensi perikanan darat dan laut yang luar biasa besar.

 

Sementara Emas di bawah tanah memang literally emas, yang merupakan salah satu mineral tambang. Di Kabupaten Sumbawa Barat, ada perusahaan tambang besar yang telah beroperasi cukup lama. Demikian juga di Kabupaten Dompu, sebuah perusahaan patungan antara swasta dan BUMN sedang mempersiapkan eksplorasi tambang emas yang diprediksi cadangannya hampir menyamai tambang di Papua. Belum lagi usaha pertambangan yang dikelola oleh masyarakat.

Melihat potensi sumber daya alam yang begitu besar, penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mengelola tambang menjadi sangat krusial. Atas dasar itu, @universitasteknologisumbawa saat ini sedang mengajukan pembukaan Program Studi Teknik Pertambangan yang rencananya akan mulai running pada September 2021.

Dalam penyusunan prodi ini, kami mendapat dukungan dari para pakar yang berkecimpung di bidang pertambangan. Diantaranya Bang Resvani (CEO Tura Consulting) dan Dr. Arie Naftali Hawu Hede (Dosen ITB) yang diketuai oleh Bu Fauzi Widyawati. Alhamdulillah kemarin kami mendapatkan bantuan dari Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI) berupa alat alat laboratorium yang diserahkan secara virtual oleh Ketua Umum PERHAPI, Bpk Ir. Rizal Kasli, IPM.

Hubungan baik antara UTS dan PERHAPI dimulai sejak tahun lalu dimana UTS terlibat dalam pelaksanakan Temu Profesi Tahunan PERHAPI ke 29. Terima kasih PERHAPI, Bang Resvani, Bang Arie Naftali dan juga Rektor UTS 2016-2020, Dr. Andy @tirta78 serta Dekan Fateta, Bang Haryandi @haryandi_hse atas usahanya selama ini. Semoga peralatan laboratorium yang diberikan dapat bermanfaat dan menjadi alat pencetak generasi unggul pada bidang pertambangan di masa yang akan datang.