Rector Notes

Dukungan Pemkab untuk Program MERDEKA

Rector Notes No. 208

Program MERDEKA (Membangun Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat) yang kami rancang sejak bulan Mei lalu adalah program yang selaras dengan kebijakan Kampus Merdeka @kemdikbud.ri. Program ini merupakan program flagship yang mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sumbawa, DPRD, pemerintah Desa dan instansi terkait

Para mahasiswa semester 5 yang berasal dari 7 program studi yang berbeda melakukan “kuliah” di 19 desa selama 1 semester. Selain program MERDEKA, kami juga melakukan Program KKN Tematik di 11 Desa lainnya, sehingga total para mahasiswa kami berada di 30 desa. Tak terasa tinggal 1 bulan lagi program MERDEKA ini akan berakhir.

Saya selalu memantau kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh para Elang Muda melalui media sosial, instagram. Hingga saat ini, saya telah mengumpulkan 15 folder highlights, yang berarti bahwa ada lebih dari 1400 foto/video kegiatan yang mengandung cerita tersendiri. Ada yang sedang merealisasikan program One Village One Product (OVOP), desa wisata/budaya, desa digital dan desa rapi administrasi.

Kemarin kami menandatangani penerimaan Hibah dari Pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk mendukung kegiatan Program MERDEKA ini. Tentunya hibah ini sangat berarti bagi keberlangsungan program ini pasca kegiatan berakhir pertengahan Januari 2021.

Terima kasih Pemkab Sumbawa, para anggota dewan legislatif DPRD, Pemerintah Desa, BI, OJK dan pihak lainnya yang telah mendukung kegiatan Program MERDEKA dan KKN Tematik UTS. Kami percaya bahwa dari desalah kemajuan bangsa kita dapat terwujud.

#utsmembumidanmendunia