Rector Notes

It is about a team work

Rector Notes No. 207

Untuk mencapai sebuah visi bersama, diperlukan kerja sama tim (team work) yang solid dan kompak. Selama memimpin kampus @universitasteknologisumbawa 10 bulan terakhir ini, saya telah membentuk banyak tim adhoc yang bertugas menyelesaikan misi khusus. Mulai dari penyusunan Renstra, statuta, kepanitiaan acara, pembentukan program studi, hingga tim khusus yang mengurusi sepeda motor listrik UTS, NgebUTS.

 

Dari pengalaman pengalaman tersebut, saya dapat mengambil benang merah bahwa keberhasilan tim tersebut dalam menyelesaikan misi yang ingin dicapai sangat tergantung dari kekompakan anggota tim. Karena tim baru tersusun atas individu yang memiliki karakter yang berbeda beda, maka komunikasi yamg baik antar anggota tim menjadi faktor penentu. Kuncinya, tim harus sering berkumpul dan berdiskusi. Sebisa mungkin jika ada permasalahan dibicarakan. Saya biasanya memantau kerja tim, jika ada bottlenecks langsung saya uraikan.

Dalam menentukan anggota tim, saya biasanya menanyakan kepada Wakil Rektor, Dekan dan Kepala Badan, dosen atau tendik yang belum banyak memiliki aktivitas. Tim dibekali dengan SK Rektor. Dalam domain waktu tertentu, mereka diberikan tugas untuk menyelesaikan misinya masing masing. Tentu saja ada penghargaan yang diberikan diakhir sebuah misi.

Saya sangat bersyukur dikelilingi oleh para milenial yang memiliki semangat tinggi dalam bekerja. Sehingga setiap misi dan tujuan yang dibawa selalu membawa pada hasil yang baik. Selain perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan, evaluasi di akhir tugas tim menjadi hal yang krusial dilakukan, sehingga selalu ada perbaikan yang berkelanjutan (continuous improvement). Kedekatan hati dari anggota tim untuk berjuang bersama menjadi kunci keberhasilan sebuah misi.

#utsmembumidanmendunia