Rector Notes

UTS Green Campus

Rector Notes No. 203

Dalam sebuah wawancara dengan media, satu minggu setelah saya dilantik menjadi rektor, saya ditanya apakah akan mengembangkan energi terbarukan di UTS atau Sumbawa. Jawaban saya saat itu, iya. Sumbawa memiliki potensi energi surya yang luar biasa. Bahkan saking panasnya, orang sering menyebut bahwa Sumbawa memiliki tiga matahariĀ 

Oleh karena itu, kami mengembangkan potensi energi matahari melalui PLTS untuk berbagai aplikasi. Bisa untuk penerangan, mengairi sawah maupun sebagai pasokan air bersih dikala musim kemarau melanda.

Foto-foto ini adalah rooftop rektoratĀ @universitasteknologisumbawa. Diatasnya saat ini telah terinstall 25.000 Wp (25 kWp) solar panel yang terintegrasi dengan jaringan PLN (on grid).

Selain menjadi pundi pundi energi yang ramah lingkungan bagi kampus, fasilitas ini juga dapat dijadikan “lab alam” bagi para dosen dan mahasiswa bidang terkait, seperti teknik elektro dan informatika untuk eksperimen, penelitian dan sertifikasi kompetensi.

Terima kasih kami ucapkan kepada Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM atas bantuan ini. In syaa Allah kami akan jaga dengan sepenuh hati.

UTS Green Campus dimaknai bukan hanya hijau karena memang banyaknya pohon pohon yang rindang di bawah kaki bukit Olat Maras, tetapi juga hijau karena menggunakan energi yang ramah lingkungan tanpa polusi dalam membangkitkan energinya.

#utsmembumidanmendunia