Rector Notes

Sebuah Refleksi Perjalanan

Alhamdulillah, sudah dua ratus catatan perjalanan saya tuliskan sebagai rektor @universitasteknologisumbawa. Banyak tantangan dan kendala yang dihadapi selama ini. Namun alhamdulillah semua dapat dilalui dengan baik. Tentu berkat kerja sama tim yang solid.

 

 

Bagi saya, prinsip kepemimpinan adalah kemauan untuk melayani. Dalam lingkup sebuah perguruan tinggi, pelayanan itu diberikan kepada mahasiswa, dosen dan staff yang mengabdi di kampus ini. Peningkatan kesejahteraan dosen dan staff terus dilakukan. Beasiswa bagi para mahasiswa terus diusahakan melalui berbagai macam skema. Kita ingin biaya pendidikan tinggi dapat terjangkau bagi semua kalangan.

Berbagai pencapaian telah diraih. Namun kita tidak akan berhenti untuk berpuas diri. Berbagai perbaikan akan terus dilakukan. Karena target kita sudah jelas, menjadikan UTS yang membumi dan mendunia, dengan branding position, UTS ingin seperti MIT.

MIT memiliki 5 sekolah/fakultas dan 1 college, dengan 30 departemen dimana masing masing departemen memiliki beberapa study area/program studi. Sementara saat ini UTS baru memiliki 15 program studi S1 dan 1 program studi S2. Dalam waktu dekat, kami akan mengajukan 10 program studi baru demi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi baru dan mendukung pembangunan daerah.

Untuk memperkuat SDM, dosen dosen baru berkualifikasi doktor akan direkrut untuk mengisi program studi baru. Disamping itu, mulai semester ini program doktorisasi dosen melalui skema doctor-by-research sedang berjalan bagi 13 orang dosen kami, bekerjasama dengan Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM). Semoga dalam waktu 3 tahun mereka dapat meraih gelar Ph.D.

Rector Notes No. 200

#utsmembumidanmendunia