Rector Notes

Lestari Alamku Lestari Desaku Dimana Tuhanku Menitipkan Aku

Rector Notes No. 199

Hari ini sivitas academica¬†@universitasteknologisumbawa¬†melakukan acara aksi penanaman pohon di kawasan wisata Ai Lemak dengan mengambil tema “Hijaukan Bumi demi Masa Depan Kita”. Selain itu, acara yang dimaksudkan untuk memperingati Hari Pohon Sedunia ini juga menampilkan Talkshow yang menghadirkan 3 pembicara dari lingkungan hidup, penggiat pariwisata dan budayawan Sumbawa.

 

Seiring dengan waktu, luas hutan Sumbawa yang mencakup 47% wilayahnya mengalami penurunan yang signifikan dari tahun ke tahun. Salah satunya dikarenakan adanya pembukaan lahan untuk kepentingan pertanian, terutama jagung. Dalam konsep pembangunan berkelanjutan, memang pembangunan itu perlu seimbang dalam memperhatikan aspek lingkungan, aspek sosial budaya dan aspek ekonomi. Jangan hanya bertumpu pada salah satu aspek.

Semangat menanam pohon ini akan terus ditanamkan pada keluarga besar UTS. Para mahasiswa baru akan diajak untuk menanam pohon. Penghijauan di Kawasan Olat Maras akan terus dilakukan. Kita paham bahwa pohon tidak hanya menghasilkan oksigen dan menyerap CO2, tetapi juga dapat menjaga ketersediaan pasokan air. Disamping itu, pohon juga merupakan rumah bagi burung, kera, lebah madu dan berbagai jenis serangga. Setiap pagi dan sore hari, di UTS sering terdengar jeritan kera saling sahut menyahut. Pun demikian suara burung yang berkicau.

Lestari Alamku Lestari Desaku
Dimana Tuhanku Menitipkan Aku

Terima kasih untuk para mahasiswa Sekolah Pascasarjana UTS @sekolahpascauts yang telah mengorganize acara ini dengan baik.

#utsmembumidanmendunia
#kampusmerdekauts
#kampusmerdeka