Rector Notes

MERDEKA (Membangun Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat)

Rector Notes No. 198

Program MERDEKA (Membangun Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat) yang merupakan program flagship antara UTS dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa (Bappeda dan Diskoperindag) dan DPRD, yang diluncurkan pada awal semester ini di 20 desa mulai terlihat bentuknya. Salah satu kegiatannya, One Village One Product (OVOP) telah menghasilkan berbagai inovasi produk dari pengembangan potensi desa.

Kemarin, saya turut hadir menyaksikan peluncuran produk dari Desa Batu Tering. Para Elang Muda yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Bu Mega dan Bu Rita, bersama sama dengan Pemerintah Desa Batu Tering meluncurkan bukan hanya 

 

 satu, tapi lima produk sekaligus, yaitu poteng dan susu kerbau, yoghurt, telor asin pedas dan rasa bawang, pupuk organik, dan minuman herbal.

Dalam acara tersebut, hadir pula Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kab Sumbawa, Bpk Arif, camat Moyo Hulu, Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa se Kabupaten Sumbawa dan para Kepala Desa tetangga.

Selesai acara, kami mencicipi produk produk yang diluncurkan. Luar biasa rasa poteng yang dicampur susu kerbau, telur asin dan yoghurtnya. Di meja kerja saya memang selalu tersedia camilan khas produk Sumbawa seperti permen Susu Kerbau, madu, saleh dan lain lain. Setiap tamu yang datang, selalu saya suguhi produk produk hasil karya sivitas academica UTS tersebut sekaligus mempromosikan produk produk tersebut.

Penyerapan produk di pasar (market) memang selalu menjadi masalah besar dalam kebersinambungan sebuah produk. Oleh karena itu, untuk tahapan awal pasar ini perlu kita ciptakan sendiri. Caranya dengan kita pakai dan gunakan sendiri. Untuk melindungi aspek komersialisasi produk tersebut, Sentra Hak Kekayaan Intelektual UTS akan membantu mendaftarkannya ke DJHKI, Kemenkumham RI.

Pencapaian yang luar biasa ini berkat peranan Kepala Desa Batu Tering yang hebat, Pak Alwan yang didukung oleh Karang Taruna yang progresif. Salah satunya, Yunan Fachri yang merupakan alumni Teknik Industri @universitasteknologisumbawa yang kini fokus mengembangkan desanya untuk lebih berdaya.

#utsmembumidanmendunia
#kampusmerdekauts
#kampusmerdeka