Rector Notes

Kuliah Umum Magister Manajemen Inovasi

Rector Notes No. 180

Kemarin Program Magister Manajemen Inovasi melaksanakan Kuliah Umum yang diberikan oleh Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah. Topiknya mengenai Pengantar Manajemen Inovasi. Dr. Zul yang menggagas Prodi ini ingin agar para mahasiswa dan penyelenggara memahami filosofi dan esensi dari Prodi manajemen inovasi untuk kemajuan dalam bidang apapun.

Saat ini dunia mengalami perubahan yang cepat. Jika tidak dapat menyesuaikan terhadap perubahan itu, maka kita akan tertinggal atau 

terdisrupsi. Inovasi adalah solusi terhadap adanya perubahan itu. Karakteristik inovasi selalu berdeda antara satu tempat dengan tempat lain. Antara satu bidang dengan bidang lain, dan seterusnya. Oleh karena itu, perlu pemahaman masalah yang komprehensif sebelum memulai sebuah langkah inovasi.

Prinsip sebuah manajemen adalah planning, organizing, leading dan controling. Perencanaan, pengorganisasian, eksekusi dan evaluasi. Berbekal rumus inilah kampus ini bergerak. UTS telah memiliki Rencana Strategis yang diturunkan dari Visi-Misi-Tujuan, Sasaran hingga ke Indikator Kinerja Utama. Untuk pengorganisasian program, Rektor dibantu organ seperti para Wakil Rektor, Sekretaris Kepala Badan, Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi hingga level Sekprodi. Bahkan dibantu juga oleh sebuah kepanitiaan yang bersifat adhoc. Mereka akan mengeksekusi program program sesuai dengan perencanaan dan peranan masing masing.

Dari pengalaman saya dalam berorganisasi, bagian eksekusi adalah bagian yang paling berat. Kita begitu mudah dalam membuat sebuah perencanaan dan pengorganisasian, namun sulit dalam melaksanakan program tersebut. Disinilah perlunya kehadiran, komitmen dan kekuatan visi pucuk pimpinan.

At the end, kita perlu melakukan evaluasi terhadap program yang dijalankan untuk sebuah perbaikan yang berkelanjutan kedepannya.

Kuliah umum yang mencerahkan. Terima kasih Pak Gub!

#utsmembumidanmendunia
#kampusmerdekauts