Rector Notes

Kunjungan Prof. Muhammad Anis ke Seoul

Rector Notes No. 151

Lima tahun lalu ketika Prof. Muhammad Anis, Rektor Universitas Indonesia mengunjungi Seoul, Korea Selatan. Saat itu dilakukan pertemuan ramah tamah 

dengan pengurus Ikatan Alumni (ILUNI) UI di Korea Selatan yang dilaksanakan di KBRI Seoul. Pesan beliau kepada kami saat itu bahwa alumni adalah salah satu pilar bagi kemajuan sebuah universitas. Oleh karena itu, para alumni diminta untuk terus menorehkan prestasi terbaik pada bidang masing masingbdan memberikan kontribusi positif bagi almamater.

Saya menjemput beliau dari hotel. Lalu menuju KBRI Seoul yang jaraknya kurang lebih 1 jam perjalanan. Dalam waktu 1 jam tersebut kami diskusi banyak hal, hanya berdua di dalam mobil. Saya lebih banyak mendengar beliau. Terutama diskusi mengenai kepemimpinan. Bagaimana mengatasi sebuah masalah atau polemik yang terjadi. Bagi saya, beliau pemimpin yang bijaksana.

Tak pernah terbayangkan, qadarullah sekarang saya memegang amanah yang sama dengan Prof. Anis saat itu. Pesan beliau ini saya sampaikan juga kepada para alumni yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Teknologi Sumbawa dalam berbagai kesempatan. Termasuk beberapa waktu lalu saat bertemu dengan Mas Yadi Satriadi, ketua IKA UTS dan para pengurus.

Anak anak kami, 4G saat itu masih kecil. Kami tidak menyiakan waktu untuk berfoto bersama selepas acara ramah tamah. Sehat dan bahagia selalu Prof. Anis, terima kasih atas ilmu dan bimbingan yang telah diberikan.

#utsmembumidanmendunia