Rector Notes

Penerapan semangat Kampus Merdeka di UTS

Rector Notes No. 138

Sejak dicanangkannya Program Kampus Merdeka oleh @kemdikbud.ri@universitasteknologisumbawa segera merespon dengan cepat untuk mendukung pelaksanaan program tersebut. Penerapan semangat Kampus Merdeka di UTS diantaranya sebagai berikut :


(1) Perubahan kurikulum semua program studi untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Kebutuhan akan literasi teknologi, literasi sumber daya manusia, literasi data dan literasi finansial diakomodasi dalam MK baru yaitu Keterampilan Dasar Global, Sains Data, Dasar Pemograman dan Perencanaan Keuangan

(2) Universitas menawarkan 54 Mata Kuliah lintas program studi sehingga para mahasiswa dapat memilih MK diluar program studinya

(3) Program sertifikasi kompetensi yang meliputi sertifikasi kemampuan bahasa asing (Bahasa Inggris), kemampuan berbicara didepan publik (public speaking) dan Kompetemsi Keahlian Program Studi.

(4) Kegiatan perkuliahan di luar Perguruan Tinggi yang meliputi magang bersertifikat (PMMB) di perusahaan BUMN dan Proyek di desa yang disebut dengan Program MERDEKA – Membangun Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat) selama 1 semester.

(5) Prestasi mahasiswa yang direkognisi dengan Mata Kuliah.

(6) Universitas sedang dalam tahap pengajuan program studi baru yaitu Peternakan, Sastra Inggris, dan Teknik Lingkungan. Ketiga prodi tersebut sangat diharapkan kehadirannya untuk membantu pemerintah kabupaten dan provinsi NTB dalam mengakselerasi pembangunan.

Melalui Kampus Merdeka ini diharapkan mahasiswa-mahasiswa UTS mampu menjadi manusia yang unggul dan kompetitif dalam memasuki dunia pasca kampus.

#utsmembumidanmenduni