Rector Notes

menemani Mr. Cris, Mr. Anthony, Pak Agung dan team melihat kampus

Rector Notes No. 119

Sore ini menemani Mr. Cris, Mr. Anthony, Pak Agung dan team melihat kampusĀ @universitasteknologisumbawa. Seperti banyak diberitakan media massa, bahwa di kawasan Teluk Saleh, Tanjung Santong Kabupaten Sumbawa rencananya akan dibangun kilang minyak dan petrochemical complex. Mereka adalah kontraktor asal Australia dan sebelumnya telah survey lokasi untuk melihat persiapan pembangunan industri baru ini.



Kawasan Tanjung Santong telah ditetapkan pemerintah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan tema KEK Energi dan Agrobisnis. Saat ini sedang dalam tahap persiapan oleh Pemerintah Provinsi NTB dan Pemkab Sumbawa. Diperkirakan kawasan ini akan menyerap 15000 tenaga kerja.

Sebagai universitas yang berbasis teknologi, UTS akan menjadi mitra strategis dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang berkompeten dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, para ahli yang dimiliki kampus juga dapat terlibat langsung dalam kajian kajian ekonomi teknis dan detail engineering desain dari kawasan yang akan dibangun. Jika telah terbangun, kawasan industri ini juga dapat menjadi tempat magang bagi para mahasiswa kami.

Akhir bulan September ini kami akan mendirikan Center of Excellent for Sustainable Energy and Blockchain untuk memfasilitasi penelitian dan pengembangan dibidang energi dan diharapkan menjadi think-tank kampus dalam mendukung terwujudnya kilang minyak di Pulau Sumbawa. Selain itu, kami juga sedang mempersiapkan program studi baru yaitu Teknik Lingkungan sehingga kebutuhan akan SDM terkait dapat dipenuhi.

Sumbawa Hebat Bermartabat! NTB Gemilang!


#utsmembumidanmendunia