Rector Notes

Pesan dari pak Gubernur Dr. zulkieflimansyah

Rector Notes No. 84

Kemarin sore, di tengah sawah padi yang telah dipanen, di kawasan bukit Olat Maras, kami mendengarkan tausiah dari Pak Gubernur Dr. @zulkieflimansyah. Semilir angin sepoi sepoi menemani diskusi kami mulai ba’da Ashar hingga Magrib. Alhamdulillah, sebuah kenikmatan yang Allah berikan yang tidak dapat dilukiskan dengan kata kata.

Pak Gub menyampaikan pentingnya untuk berkumpul secara rutin untuk sharing informasi dan pengalaman. Baik mengenai keagamaan maupun hal hal lainnya. Keberhasilan kolektif akan terjadi apabila para warganya memiliki keikhlasan dan kerelaan untuk diatur dalam satu barisan. Ada kalanya kita berperan sebagai pemimpin, ada saatnya kita dipimpin.
.
Saya jadi teringat saat menyelesaikan studi magister di SNU dan doktoral di KIST. Setiap hari Sabtu, biasanya supervisor mengajak kami makan siang bersama setelah group meeting. Disaat itu, kami diskusi banyak hal. Bukan hanya mengenai pekerjaan di laboratorium, namun juga mengenai hal hal lain soal kehidupan. Ini dilakukan rutin hingga saya menyelesaikan studi selama 2 tahun master dan 5 tahun doktor. Dan hasilnya memang luar biasa. Begitu banyak pencapaian yang diraih oleh kelompok penelitiannya. Ini budaya baik yang saya pelajari dari Korea Selatan.
.
Maka ketika saya kembali ke kampus UI dan mendirikan group penelitian EMAT, budaya ini saya terapkan. Setiap minggu kami melaksanakan group meeting, yang biasanya diakhiri dengan makan malam bersama. Alhamdulillah, saya merasakan dampaknya yang luar biasa, bagi diri sendiri maupun bagi para anggota EMAT. Hingga saat ini saya masih terhubung dengan para Alumni EMAT yang berjumlah lebih dari 60 orang ini dengan jalinan persaudaraan yang saling mendukung.
.
Karena sejatinya, persaudaraan itu terjalin bukan hanya karena ikatan darah, tetapi juga karena kebersamaan para pihak yang terus menerus dengan visi yang sama. Ini juga yang saya coba terapkan dalam membangun kampus ini.

Terima kasih Pak Gub atas tausiahnya.
#utsmembumidanmendunia