Rector Notes

Peletakkan batu pertama pembangunan Dea Mas Garden

Rector Notes No. 83

Kemarin adalah hari yang bersejarah bagi perjalanan kampus @universitasteknologisumbawa. Ibu Niken Zulkieflimansyah, Ketua Yayasan didampingi oleh developer, Pak Herry (Ketua REI NTB) dan Ibu Nining (kepala Cabang Bank NTB Syariah Sumbawa) meletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan Perumahan Dea Mas Garden bagi para dosen dan staff. Total ada 103 unit rumah yang akan dibangun dengan target penyelesaian hingga akhir tahun ini.

Kawasan Olat Maras dimana kampus ini berdiri akan menjadi kota baru dengan sebutan City of Innovation. Inovasi adalah jantung sebuah kemajuan. Untuk bidang apapun. Saking pentingnya inovasi ini, UTS memiliki program Pascasarjana (S2) Manajemen Inovasi yang mahasiswanya berasal dari berbagai disiplin ilmu.

UTS akan menjadi driving force untuk menciptakan kota baru ini. Jalan menuju kesana step-by-step telah dimulai. Misalnya, saat ini kami diberi kepercayaan oleh Pemkab Sumbawa untuk ikut serta mengelola Sentra Industri Kecil dan Menengah (SIKM) yang berada di kawasan Olat Maras. Disinilah tempat berkumpul para anak muda lulusan UTS untuk menghasilkan karya dan inovasi, yang tergabung dalam PT. Olat Maras Teknologi (OMT). Tempat dimana inovasi motor listrik dibuat. Tempat dimana inovasi untuk pembuatan pakan ternak yang berkualitas dihasilkan. Tempat dimana inovasi untuk pembibitan jamur tiram disebarkan ke seluruh pelosok Sumbawa. Dan inovasi inovasi lainnya yang dihasilkan oleh para dosen, mahasiswa dan alumni UTS dengan memberdayakan potensi UMKM lokal. Ini yang kami resapi sebagai UTS membumi.

Lokasi perumahan ini mengingatkan saya pada tempat tinggal saya ketika menyelesaikan sekolah doktor di KIST, yaitu di daerah Seokgwandong, Seoul. Tepat di belakang rumah ada sebuah bukit yang dijadikan tempat rekreasi keluarga dan tempat berolahraga bagi para warga sekitar. Hijau dan asri akan membawa kebahagiaan bagi para penghuninya.
#utsmembumidanmendunia