Rector Notes

Uji coba unjuk kerja Sepeda Motor Listrik NgebUTS

Rector Notes No. 75

Setelah sukses melakukan Soft Launching pada hari Jumat 5 Juni 2020 lalu, hari ini tim NgebUTS yang terdiri dari Pak Ahmad Jaya, Pak Iksan, Pak Fadhli, Pak Topan, Bu Titin dibantu oleh 5 orang mahasiswa dan staf melakukan uji coba performa dari empat sepeda motor listrik yang telah dibuat.

Hasil uji coba daya jelajahnya bervariasi antara 32 – 44 km. NTB 01 dengan baterai 768 Wh mampu mencapai 35 km, NTB 02 : 44 km, SBW 01 : 36 km, dan SBW 02 : 32 km. Pengetesan seluruhnya dilakukan tanpa mengayuh pedal.

Biaya charging sekali pengisian untuk masing masing sepeda motor listrik ini sama dengan harga sepotong goreng pisang, yaitu Rp 1000 – 1500 saja. Selain ramah lingkungan (tanpa polusi udara dan suara), komponen rangka sepeda motor listrik ini dapat diproduksi oleh UMKM lokal Sumbawa, sejalan dengan Program Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah yaitu industrialisasi untuk menaikkan nilai tambah sebuah produk dengan memberdayakan potensi lokal.

Sore ini team akan melanjutkan pengujian dengan bantuan kayuhan pedal untuk melihat tambahan daya jelajah yang bisa dicapai. Dengan bantuan kayuhan, akan ada tambahan energi kepada motor listrik sehingga baterai dapat berkurang beban kerjanya. Sambil menikmati sunset di Jalan Samota yang indah.

#utsmembumidanmendunia