Rector Notes

Lolos kompetisi The Explorer Club

Rector Notes No. 67

Ini berita prestasi lagi. Datang dari sivitas academica Fakultas Teknobiologi (FTB) @universitasteknologisumbawa. Dipersembahkan oleh mahasiswa FTB Khadijah Aliyya yang dibimbing oleh Pak Andi Baso Manguntungi. Dua proposal penelitian yang diajukannya berhasil lolos dalam kompetisi The 

Explorer Club untuk kategori Rising Explorer Grant dengan topik penelitian mengenai “Analisis Ekologi Terumbu Karang dan Cemaran Mikroplastik di Kepulauan Teluk Saleh, Sumbawa”. .

Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah minimnya studi terbaru terkait kondisi ekologi terumbu karang di perairan Teluk Saleh serta belum ada laporan mengenai cemaran mikroplastik di wilayah tersebut. Informasi ini penting untuk diketahui mengingat perairan Teluk Saleh termasuk dalam segitiga terumbu karang dunia dan menjadi distributor hasil perikanan terbesar di Pulau Sumbawa.

Informasi ini dapat menjadi data awal bagi pemerintah serta masyarakat untuk mengatur kebijakan dalam menjaga keseimbangan ekosistem terumbu karang di Perairan Teluk Saleh, Sumbawa dan mengambil langkah konkrit untuk menganggulangi pencemaran mikroplastik yang terjadi di wilayah tersebut.

The Explorers Club merupakan masyarakat profesional multidisiplin berskala internasional yang berbasis di Amerika dengan tujuan mempromosikan eksplorasi ilmiah dan studi lapangan. Klub ini didirikan di Kota New York pada tahun 1904, dan telah berfungsi sebagai titik pertemuan bagi para penjelajah dan ilmuwan di seluruh dunia. .
Rising Explorer Grant merupakan salah satu kategori hibah tahunan yang ditujukan bagi pelajar dan mahasiswa untuk mendanai penelitian lapangan ilmiah. Tujuan dari hibah ini adalah untuk menumbuhkan generasi penjelajah baru yang berdedikasi untuk kemajuan pengetahuan ilmiah dunia. .
Selamat Khadijah dan Pak Andi Baso!

#utsmembumidanmendunia

https://www.samawarea.com/2020/05/23/raih-grant-mahasiswa-bioteknologi-uts-dapat-dana-hibah-2-750/