Rector Notes

Menandatangani pembentukan UTS School of Public Speaking

Rector Notes No. 66

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2020, saya menandatangani pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang bernama UTS School of Public Speaking. Kepalanya adalah Deddy Suprapto, MA, mantan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UTS yang pertama.


Pembentukan UPT baru ini adalah upaya kita untuk membekali lulusan @universitasteknologisumbawa kecakapan berbicara di depan publik (public speaking). Karena mulai September 2020 ini, lulusan UTS akan dibekali oleh 3 sertifikat selain ijazah dan transkrip nilai. Pertama, sertifikat keahlian berbahasa Inggris. Kedua sertifikat kompetensi sesuai dengan keahlian program studi masing masing. Dan ketiga, sertifikat kemampuan berbicara di depan publik.

UPT UTS School of Public Speaking telah menyusun kurikulum sertifikasi kompetensinya. Terdiri dari teori dasar dan praktik. Lalu diakhir program akan ada ujian teori dan praktik. Para trainernya adalah dosen dosen UTS yang berpengalaman di bidangnya. Sebelumnya, para trainer tersebut telah tersertifikasi terlebih dahulu oleh UPT.

Di era Revolusi Industri 4.0 ini, kecakapan berbicara di depan publik menjadi syarat mutlak untuk dapat bersaing secara global. Dalam peranan apapun, kemampuan ini selalu dapat diaplikasikan. Apakah sebagai pegawai, pengusaha (enterpreneur), ataupun yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, pasti membutuhkan kemampuan berbicara di depan publik. Apalagi ditambah dengan kemampuan berbahasa Inggris dan keahlian sesuai dengan bidang prodi masing masing.

Semua ini kami upayakan untuk menciptakan generasi yang unggul dan dapat bersaing di kancah nasional dan global. Mereka adalah para pemimpin di masa yang akan datang. Adalah tugas kami untuk membekali dan mempersiapkannya. UTS grooming the future leader.

#utsmembumidanmendunia