Rector Notes

Hari lahirnya Pak Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah

Rector Notes No. 63

Hari ini adalah hari lahirnya Pak Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah (@zulkieflimansyah). Usia beliau saat ini menginjak 48 tahun. Usia yang masih relatif muda, dengan pencapaian yang seabreg dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Salah satu bukti kontribusi nyatanya adalah kampus ini @universitasteknologisumbawa. Kampus yang didirikan oleh beliau 7 tahun lalu. Jika mendengar cerita dari orang orang dekatnya, saya selalu terkagum. Bagaimana mungkin membangun kampus di tempat terpencil, dibawah kaki Bukit Olat Maras. Meski dalam waktu singkat, telah banyak yang dicapai kampus ini.

Kami satu almamater, alumnus @univ_indonesia. Beliau dari FE, saya dari FT. Beliau angkatan 1990, saya angkatan 2002. Selama di kampus, kami belum pernah bertemu. Saya hanya sering melihat beliau di layar televisi. Yang saya terkesan adalah salah satu tayangan wawancara Peter Gontha dalam acara Impact. Videonya masih ada di youtube.

Di tengah tengah pandemi Corona yang memporak-porandakan ekonomi, beliau mengajak kita untuk bangkit. UMKM diberdayakan. Demikian juga perhotelan, perbankan dll.

Masa sekarang ini, yang paling penting adalah human capital, investasi sumberdaya manusia. Kemajuan suatu negara bukan ditentukan oleh kekayaan sumber daya alamnya. Tetapi oleh orang orang yang mengelolanya. Dibawah pemerintahan beliau, beliau mencanangkan 1000 beasiswa untuk anak anak NTB ke Luar Negeri. Dalam 2 tahun ini, telah ada ratusan awardee penerima beasiswa LPP NTB dan saat ini berkuliah di berbagai negara. Ini bisa jadi contoh buat pemerintah kota/provinsi yang lain. .
Baarakallahu fii umriik Pak Gubernur. Semoga Allah melimpahi keberkahan usia, memberikan kesehatan, menjadi pemimpin yang adil dan bijaksana.