Rector Notes

mulai semester depan UTS akan diperkuat oleh 5 doktor baru

Rector Notes No. 57

Alhamdulillah, @universitasteknologisumbawa mulai semester depan akan diperkuat oleh 5 doktor baru. Mereka adalah orang orang yang mumpuni dibidangnya. Pada Rector Notes sebelumnya saya sudah memperkenalkan Dr. Houari, Dr. Ikono, Dr. Hilmy dan Dr. Putu. Maka pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas sedikit profile Dr. Hardian Reza (@king_arez).


Dr. Reza adalah lulusan doktor dari Konkuk University, salah satu kampus swasta di Korea Selatan yang cukup bonafit. Gelar sarjananya diperoleh dari Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung. Tidak ada gelar master karena ia mengambil program integrated. Sambil kuliah S1 di ITB, Dr. Reza juga mengambil kuliah di Fakultas Ekonomi UNPAD. Kuliah di dua kampus yang top, dengan program yang berbeda pula, hanya dapat dilakukan oleh orang orang yang hebat. Keduanya diselesaikan pada tahun 2004.

Bagi para mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Korea Selatan, Dr. Reza adalah sosok yang semua orang pasti tahu. Ini karena ia pernah menjabat sebagai Presiden Persatuan Pelajar Indonesia di Korea Selatan (PERPIKA), periode 2008-2009. Pada kepengurusan beliau, saya pernah membantunya sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen).

Dr. Hardian Reza memiliki banyak pengalaman profesional di perusahaan dengan berbagai posisi. Selepas lulus doktoral pada tahun 2010, ia bekerja di LG Electronics Home Appliances, salah satu perusahaan konglomerasi di Korea Selatan. Pernah ditempatkan sebagai Overseas Academy Manager hingga sebagai Engineering Team Leader untuk departemen AC di LG Electronics Indonesia.

Dengan segudang pengalaman profesionalnya, Dr. Reza akan memperkuat Teknik Mesin dan Teknik Elektro UTS. Keahliannya dalam bidang kendali (control) terutama penggunaan sensor, mikrokontroller dan sistem robotik akan ditularkan kepada sivitas academica UTS. Bukan hanya jago teori, namun Dr. Reza telah menjalani banyak pengalaman di industri. Inilah dosen yang ideal, yang kalau di Jerman konon semua orang yang akan menjadi professor di universitas harus melalui tahapan itu, yang lazim disebut habilitation. Itulah yang membuat pendidikan di Jerman menjadi sangat baik.
#utsmembumidanmendunia