Rector Notes

Tim NgebUTS Telah Menyelesaikan Prototipe Yang Kedua

Rector Notes No. 46

Alhamdulillah, kemarin tim NgebUTS telah menyelesaikan prototipe yang kedua. Kali ini kita menggunakan sepeda biasa yang dikonversi menjadi sepeda motor listrik.

Kendaraan listrik (electric vehicle) adalah moda transportasi yang jauh lebih sederhana dibandingkan dengan kendaraan berbasis mesin pembakaran 

dalam (internal combustion engine – ICE). Tidak ada blok mesin dan piston yang begitu rumit sebagai penggerak roda. Digantikan dengan sebuah motor listrik yang pasok oleh listrik DC dari baterai dikontrol oleh sebuah kontroller.

Pada awal awal perkembangan mobil di tahun 1900an, sebenarnya banyak diciptakan prototipe mobil listrik. Hanya saja pengembangannya mengalami kemunduran dikarenakan boomingnya minyak dengan harga yang murah. Ditambah lagi perkembangan teknologi baterai yang masih belum ditemukannya baterai dengan kerapatan energi yang tinggi seperti baterai lithium ion.

Sekarang, dengan banyaknya concern untuk mengurangi pembakaran BBM pada sektor transportasi, kehadiran kendaraan listrik menjadi sangat diharapkan. Ditambah lagi harga baterai lithium ion yang terus menurun membuat kendaraan listrik (baik sepeda, motor, mobil maupun moda transportasi lainnya) menjadi suatu opsi yang bisa dipilih.

Saya meyakini, kehadiran kendaraan listrik ini tidak serta merta akan menggantikan seluruh kendaraan berbasis ICE. Kendaraan listrik akan memiliki sektor pasar tersendiri.

Misalnya, kendaraan listrik bisa menjadi moda transportasi di tempat wisata, di dalam kampus, di kantor pemerintahan dan sebagainya. Jika motor listrik dipakai di Pulau Gili dan Pulau Moyo, dua tempat wisata kelas dunia yang ada di NTB, tentu akan menarik banyak wisatawan untuk berkeliling pulau menggunakan motor listrik. .
Apa yang dilakukan oleh tim NgebUTS saat ini adalah sebuah langkah awal. Kami memiliki timeline dan rencana yang panjang dalam mengembangkan kendaraan listrik berbasis baterai. Salah satunya semoga kami bisa merealisasikan Motor Listrik Balap dalam menyambut event akbar Moto GP yang akan pada pertengahan tahun depan.